Sabtu, 23 Juli 2016

Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

Posted by   on


  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda


Inilah solusi untuk merencanakan bangun PC gaming idamanmu...

Sebelumnya anda menggunakan uangmu, alangkah sebaiknya anda ikuti tips singkat mengenai beragam jenis komponen yang perlu anda cermati dalam merakit PC gaming anda sendiri, hingga duit yang anda butuhkan tak terbuang percuma.

Yang paling utama sebelumnya anda punya niat untuk bangun satu PC gaming yaitu terdapat pada game seperti apa yang bakal anda mainkan yang nanti bakal jadi penentu harga PC yang perlu anda rakit. Bila maksud anda menginginkan memainkan game dengan kwalitas gambar tajam yang memanjakan mata, pasti anda mesti menyiapkan cukup banyak duit untuk merakit PC itu.

Walau demikian bila maksudmu yaitu cuma untuk bermain game seperti DOTA 2 serta CS : GO, anda dapat menghemat cukup banyak duit hingga dapat pengeluaran bakal menyusut.

Dasarnya ada duit, ada kwalitas yang didapat. Namun itu semuanya kembali pada anda, kwalitas game seperti apa yang anda kehendaki? Apakah anda menginginkan bermain game dengan kwalitas gambar yang bagus, jernih, serta memukau? Atau anda termasuk juga gamer yang bermain game apa yang ada?

Dengan kata lain yang utama gamenya jalan, skill nomer satu, grafis nomer demikian. Disini Saya bakal temani anda lihat komponen-komponen pc gaming utama yang butuh di perhatikan untuk bangun PC gaming idamanmu.

Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer

1. CPU




  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

CPU adalah otak dari tiap-tiap PC yang ada didunia ini, tanpa ada CPU pasti satu PC tidak bisa bekerja. Untuk penuhi kebutuhanmu dalam bermain game, diperlukan CPU yang ‘cerdas’ supaya game bisa jalan lancar tanpa ada masalah. Ada 2 hal yang butuh anda cermati dalam pilih CPU, yang pertama yaitu CLOCK SPEED (umumnya tercatat berapakah GHz). Yang ke-2 yaitu jumlah CORE (Dual Core, Quad Core, Hexa Core, dan lain-lain).

Saat mendengar nama CPU, anda akan tidak jauh-jauh dari 2 hal, yakni Intel serta AMD. Ada banyak macam CPU yang di produksi oleh ke-2 perusahaan itu. Banyak macam CPU bikin anda dapat mencari-cari CPU yang sesuai sama biaya duit yang anda punyai.

Intel Core i3 4370 serta AMD A8 7650K adalah kandidat CPU yang bisa anda pertimbangankan sebagai otak untuk PC gaming idamanmu. Ke-2 CPU yang ada dalam kisaran harga dibawah 2 juta rupiah ini pas buat kamu yang cuma menginginkan bermain game seperti DOTA2, CS : GO, Point Blank, serta sekelasnya.

Baca juga: Mengubah Ponsel Android Menjadi Laptop dengan Superbook

Dua CPU diatas adalah dua CPU kelas rendah yang dapat jadikan pertimbangan untuk bangun PC gaming idamanmu. Namun bila anda masihlah bingung, anda dapat masuk ke situs CPUBoss agar bisa mengetahui semakin banyak seri CPU garapan Intel serta AMD sebagai komponen PC gaming. Anda dapat juga memperbandingkan mana yang tambah baik dari sebagian CPU yang anda menjadikan pertimbangan.

2. GPU

 

 Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda


Sesudah anda pusing mikirin CPU serta pada akhirnya memastikan CPU mana yang bakal jadi ‘otak’ untuk PC gaming idamanmu, saat ini waktunya memastikan kartu grafis atau dengan cara tehnis dimaksud GPU. Ngebahas GPU pasti ngga bakal jauh-jauh dari yang namanya Nvidia serta AMD Radeon. Dua vendor ini adalah saingan berat dalam menghasilkan kartu grafis untuk memanjakan mata beberapa gamers waktu bermain game.

Game yang bakal anda mainkan pasti memerlukan GPU sebagai otak ke-2 dalam PC anda. GPU berperan untuk memberi kwalitas gambar yang bagus dalam bermain game hingga anda dapat nikmati game itu.

Tetapi, GPU adalah pil pahit untuk seseorang gamers. Mengapa? Lantaran GPU adalah satu diantara komponen paling utama yang diperlukan dalam satu PC gaming dan adalah komponen PC gaming termahal dari semua komponen yang diperlukan dalam bikin PC gaming.

Oleh karenanya, supaya anda tak asal-asalan pilih serta memastikan GPU seperti apa yang anda perlukan, anda dapat lihat rujukan di GPUBoss. Situs itu bakal memberi anda spesifikasi GPU dari beragam type merk serta type hingga anda dapat memastikan GPU seperti apa yang sesuai sama untuk kantong serta keperluan gaming anda.

 Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda


Sebagai saran saja, anda dapat jadikan Nvidia GTX 950 atau AMD Radeon R7 370 sebagai pertimbangan anda dalam memastikan GPU seperti apa yang bakal anda beli. Ke-2 GPU itu telah dapat menggerakkan game seperti DOTA 2 atau CS : GO dengan kwalitas gambar yang tajam.

3. RAM

 

  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

Komponen ini dapat kalah utama juga untuk anda yang menginginkan memainkan game dengan lancar tanpa ada patah-patah (lag) . Untuk standard minimal satu PC gaming, RAM dengan kemampuan 8 GB sangatlah cukup. Tetapi, bila anda miliki duit lebih, kemampuan RAM 16 GB layak untuk dicoba.

Terkecuali kemampuan RAM, anda juga butuh lihat kecepatan frekwensi dari RAM tersebut. Untuk PC gaming anda, RAM dengan frekwensi 1600 MHz yaitu standard minimal. Anda mungkin beli RAM dengan frekwensi diatas 1600 MHz, seperti 2200 MHz tetapi hal semacam ini tak demikian punya pengaruh kedalam performa gaming anda sepanjang anda memakai GPU.
Saya juga mereferensikan anda untuk memakai dual-channel RAM dibanding single-channel. Misalnya, bila anda menginginkan memakai RAM dengan kemampuan 8 GB, anda tambah baik memakai dua keping RAM 4 GB dibanding memakai 1 keping RAM 8 GB, mengapa? Lantaran anda bakal memperoleh bandwidth memori yang semakin banyak. Saat ini generasi RAM telah tiba DDR4, tetapi bila anda mempunyai Motherboard versus lama, mungkin saja anda dapat beli RAM DDR3.

4.Motherboard

CPU telah, GPU telah, RAM telah, terlebih ya? Nah, Motherboard atau Mobo yaitu komponen PC gaming tempat terpasangnya CPU, GPU, serta RAM yang telah anda tetapkan. Dalam beli Motherboard, anda mesti mencocokan socket yang ada di Motherboard dengan CPU yang sudah anda tetapkan. Misalnya, untuk Intel Core i5-2500 bakal membutuhkan socket LGA 1155. Ini bermakna, anda mesti mencari Motherboard atau Mobo yang mempunyai socket LGA 1155 hingga CPU Intel Core i5-2500 bisa dipasang pada Mobo itu.

Sama seperti dengan CPU AMD, ada CPU yang memerlukan socket AM2, AM3+, dsb, hingga anda mesti cermat dalam mencocokan CPU yang telah anda tetapkan dengan Mobo yang bakal anda beli. Sesudah mencocokan socket CPU, anda harus juga cermat lihat socket RAM yang dipakai, apakah itu DDR3 atau DDR4. Jika Mobo yang menginginkan anda beli mempunyai socket RAM DDR4, pasti anda mesti beli RAM DDR4, sama seperti dengan socket DDR3.


  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

Mobo ada berbentuk yang bermacam, ada Mini-ITX, Micro-ATX, ATX, serta Extended-ATX. Itu semuanya yaitu bermacam type type Mobo berdasar pada ukurannya. Ukuran Mobo paling kecil yaitu type Mini-ITX serta untuk Mobo paling besar yaitu Extended-ATX. Ketidaksamaan ukuran Mobo bakal menyebabkan ketidaksamaan jumlah feature yang ada didalam Mobo itu.

Misalnya, pada Mobo type Mini-ITX, anda cuma bakal memperoleh 2 port USB 3. 0 serta cuma dapat menempatkan 1 GPU, dan 2 keping RAM. Tetapi lain perihal dengan Mobo bertipe Extended-ATX, di situ anda dapat memperoleh 8 port USB 3. 0 serta dapat menempatkan kian lebih 1 kartu grafis (GPU) dan kian lebih 2 keping RAM.

Terkecuali dari ukuran Mobo, pastinya harga juga jadi pembeda dari bermacam type Mobo yang ada. Hingga ini bergantung tekad kalian, Mobo seperti apa yang ingin kalian pakai? Apakah Mobo yang mini hingga kelak bentuk PC kalian bakal minimalis, atau Mobo dengan ukuran besar hingga PC kalian bakal mempunyai feature yang lebih komplit dibanding PC dengan Mobo ukuran kecil.

 

5. Case

 

 Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

 Besar kecilnya mobo bakal punya pengaruh dengan penentuan case, ada banyak type case seperti Mini-ITX chassis untuk Mobo Mini-ITX, Micro Tower untuk Mobo Micro-ATX, Mid Tower untuk Mobo ATX, serta Full Tower untuk Mobo Extended-ATX. Makin besar ukuran case pasti bakal makin mahal harga nya. Yang butuh anda cermati dalam beli case yaitu :

  • Aliran hawa pada case tersebut
  • Tempat manajemen kabel dalam case tersebut
Dua hal itu yaitu hal utama manfaat jadikan komponen-komponen PC gaming terpasang rapi hingga aliran hawa jalan dengan lancar. Bila anda miliki kreatifitas yang cukup tinggi, anda dapat bikin sendiri case untuk komponen PC gaming milikmu hingga anda mempunyai case yang berupa unik. Ada pula layanan pembuatan case dari akrilik yang dapat anda cobalah jika anda tidak mau beli case yang telah ada.

6. Cooler

 

 Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda



CPU telah, GPU telah, RAM serta Mobo telah, Case juga telah. Terlebih nih? Ya, anda benar! Cooler atau pendingin. Untuk memainkan game, pastinya CPU serta GPU bakal bekerja semaksimal mungkin saja supaya dapat membuahkan kwalitas gambar tajam yang bisa memanjakan mata. Oleh karenanya dibalik kerja optimal CPU serta GPU, pastinya akan muncul panas. Panas berikut sebagai permasalahan paling utama dalam bermain game, jika aliran hawa dalam case anda tak ditata dengan baik, jadi panas itu bisa memperpendek umur dari komponenmu, terlebih umur CPU serta GPU.

Saat kalian beli CPU serta GPU, pasti kalian bakal memperoleh kipas pendingin dalam paket pembeliannya. Dengan memakai kipas pendingin dari paket pembelian sesungguhnya telah cukup jika kalian tak bermain game kurun waktu yang lama. Namun rasa-rasanya, bermain game bukan sekedar cukup kurun waktu 15 menit kan? Terlebih game seperti Dark Souls atau Batman : Arkham Knight, yang alur narasi dalam gamenya senantiasa bikin penasaran.

Nah bila anda telah termasuk juga yang seperti gitu, anda mesti memperhitungkan untuk ganti kipas pendingin anda (terlebih pada CPU) dengan kipas pendingin yang bisa menyingkirkan panas tambah baik dari kipas pendingin yang anda bisa waktu beli CPU.

Ada 2 type kipas pendingin, yakni kipas pendingin hawa serta kipas pendingin memakai aliran air (water cooling). Sudah pasti pendingin water cooling mempunyai harga lebih mahal dari pendingin hawa, tetapi water cooling dapat mendinginkan CPU tambah baik dibanding pendingin hawa umum. Ukuran dari kipas pendingin serta kecepatan kipas (RPM) butuh di perhatikan untuk membuahkan aliran hawa yang optimal hingga panas yang muncul akan tidak tinggal berlama-lama didalam case.

7. Solid State Disk (SSD) dan Hard Disk

 

  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda


Menurut Saya pribadi, memakai SSD (Solid State Disk) untuk keperluan gaming yaitu satu kewajiban. Anda dapat memakai SSD berkapasitas 240 GB untuk tempat Operating Sistem serta game anda. Bila anda tak mempunyai duit yang banyak, anda dapat memakai SSD dengan kemampuan 120 GB. Mengapa mesti pakai SSD? Lantaran SSD mempunyai kecepatan baca/catat yang lebih tinggi dari HardDisk hingga game bakal jalan lebih lancar serta cepat.


  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda



Namun, bila anda tak miliki cukup duit juga untuk beli SSD, anda tidak butuh sedih, anda masihlah dapat memakai HardDisk. Tetapi, anda mesti jeli dalam beli HardDisk untuk keperluan gaming anda. Yakinkan anda beli HardDisk dengan kecepatan 7200 RPM lantaran dengan kecepatan itu game bisa jalan dengan lancar.

HardDisk Western Digital Black atau Seagate Barracuda bisa anda menjadikan pertimbangan, lantaran keduanya mempunyai kecepatan 7200 RPM. Tidak sama dengan SSD, Hard Disk mempunyai kemampuan yang semakin besar dengan harga yang relatif lebih murah. Anda dapat beli HardDisk dengan kemampuan 1 TB (1000 GB) dengan harga yang relatif lebih murah bila dibanding dengan harga SSD dengan kemampuan 240 GB.

8. Power Supply Unit (PSU)

 

  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda


Komponen yang satu ini yaitu komponen yang paling penting dari semuanya komponen yang telah serta bakal kita ulas. Semahal-mahalnya CPU serta GPU dan Mobo yang anda beli, tanpa ada Power Suplai PC anda tidak bakal dapat nyala.

Bila anda telah sampai step pilih Power Suplai, anda mesti tahu bila Power Suplai itu mempunyai beragam jenis kemampuan, yakni dari kisaran 300 Watt hingga 1000 Watt. Saat ini pertanyaannya yaitu berapakah kemampuan Power Suplai yang perlu anda beli?

Nah anda mesti tahu dahulu berapakah Watt mengkonsumsi daya dari tiap-tiap komponen PC gaming yang sudah anda tetapkan terlebih dulu. Dari mulai CPU, GPU, RAM, Mobo, Cooler, sampai SSD serta HardDisk. Terdapat banyak situs yang sediakan perhitungan mengkonsumsi daya dari tiap-tiap komponen itu hingga anda dapat tahu berapakah Watt kemampuan PSU yang anda perlukan.


  Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

Terkecuali kemampuan daya atau Watt, Saya merekomendasikan untuk beli PSU dengan rating 80 PLUS atau tambah baik dari pada itu. 80 PLUS bermakna kalau PSU anda mempunyai tingkat efisiensi sampai 80% jika dibebani kian lebih 20% kemampuannya. Sebagian perusahaan yang mempunyai reputasi baik dalam produksi PSU diantaranya, Corsair, EVGA, Seasonic, serta Cooler Master.

Type Power Suplai juga bisa anda menjadikan pertimbangan. Power Suplai terdiri jadi dua type, yakni non-modular serta modular. Non-modular bermakna kabel yang keluar dari Power Suplai itu tidak bisa dibongkar gunakan. Tidak sama perihal dengan yang modular, kabel yang keluar dari PSU modular bisa dibongkar gunakan sesuai sama keperluan. Hal itu bakal bikin manajemen kabel jadi tambah nyaman hingga komponen anda terpasang dengan rapi didalam case.

Nah tersebut sebagian komponen utama yang butuh anda cermati waktu merakit satu PC gaming. Bila anda perlu referensi spesifikasi untuk PC gaming anda, anda dapat memandangnya di sebagian website seperti Game-Debate atau PC Part Picker. Dalam Game-Debate, anda dapat bangun spesifikasi PC berdasar pada game yang ingin anda mainkan sedang di PC Part Picker, ada sebagian orang yang sudah bikin daftar referensi dari spesifikasi tiap-tiap komponen yang dibutuhkan untuk bikin satu PC gaming.

Selamat bangun PC gaming idamanmu dengan komponen PC gaming yang sudah Saya katakan diatas. Untuk yang mempunyai Saran, anda dapat catat dibawah atau anda dapat shared artikel ini..

Berikut Komponen PC Gaming Paling Utama Waktu Merakit Computer Anda

Tidak ada komentar:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter